Banner atau spanduk merupakan salah satu media promosi yang sudah terbukti efektif untuk menarik calon pembeli atau pelanggan. Banner juga menjadi sebuah "penanda" untuk usaha yang sedang kita jalankan, terutama jika usaha itu menyangkut dengan jasa maupun benda. Membuat banner untuk usaha yang sedang kita jalankan pun tidak memakan biaya yang mahal, mengingat sekarang banyak penyedia jasa pencetakan banner yang membanderol jasa pembuatan atau pencetakan banner dengan harga yang sangat terjangkau.

Kita pun boleh bereksperimen dengan membuat desain banner kita sendiri dan tinggal membawanya ke jasa printing untuk dicetak. Kebanyakan para desainer membuat desain banner dengan menggunakan software gratisan yang bisa kita download dan kita gunakan sendiri. Software yang sering mereka gunakan adalah CorelDraw dan Photoshop.

Cara Buat Banner Jual Pulsa


Kedua aplikasi tersebut tidak sulit untuk dijalankan. Kita bisa membuat desain banner jual pulsa kita sendiri dengan kedua program tersebut. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membuat banner melalui Adobe Photoshop, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah:

1.    Ukuran Banner. Tentukan ukuran banner yang akan kita buat. Sesuaikan ukuran banner dengan tempat yang akan dipasangi banner tersebut. Contoh yang paling umum adalah banner berukuran 440 x 100 cm.

2.    Judul Banner. Tentukan judul atau nama konter kita yang akan digunakan dalam Banner. Pilih nama yang unik dan mudah diingat, sehingga menarik pembaca untuk membaca keseluruhan isi banner yang kita buat.

3.    Slogan atau Detail Layanan Konter kita. Slogan atau detail layanan yang bisa pelanggan dapatkan di konter kita biasanya diletakkan di bawah judul atau nama konter kita. Bagian ini pun bisa kita sesuaikan dengan keinginan dan banyaknya layanan yang kita sediakan.

Jika sudah menyiapkan ketiga hal tersebut, kita bisa memulai untuk membuat banner jasa jual pulsa kita melalui Adobe Photoshop. Caranya adalah sebagai berikut:

1.    Siapkan gambar untuk background banner ataupun sebagai pelengkap banner. Kita bisa mencari gambar-gambar yang menarik dan sesuai dengan jasa kita di google atau situs penyedia gambar gratis lainnya.

2.    Buka program Adobe Photoshop, kemudian klik File, pilih menu New, kemudian masukkan ukuran banner yang kita inginkan. Misalnya untuk ukuran 400 x 100 cm kita bisa memasukkan Width = 400 dan Height = 100.

3.    Masukkan background yang sudah kita persiapkan sebelumnya ke layer atau halaman kerja kita. Kita bisa mengatur ukurannya dengan menyesuaikan gambar melalui fitur free transform atau tekan tombol CTRL + T

4.    Jika sudah, masukkan judul konter kita dan slogan atau detail layanan yang sudah kita siapkan. Kita bisa mengatur bentuk, ukuran, warna, dan desain huruf sesuai dengan keinginan kita. Kita bebas bereksplorasi dengan jenis font, size font, style effect, dan font color melalui menu yang tersedia.

5.    Simpan desain kita, lalu desain pun siap kita bawa ke penyedia jasa printing atau cetak banner.

Setelah banner jual pulsa tercetak dan kita pasang pada konter kita, pelanggan akan lebih mudah tertarik dan mudah menemukan konter pulsa kita. Hal ini jelas membawa dampak pada angka penjualan di konter kita. Selain itu, banner yang kita buat juga memberikan "kepercayaan" konsumen kepada jasa atau layanan yang kita sediakan, serta membangun loyalitas konsumen terhadap bisnis yang sedang kita jalankan.