Mesin sablon digital kini memang sudah banyak dicari. Jika dulu usaha sablon dilakukan dengan cara manual, dengan perkembangan zaman, muncullah mesin digital untuk mempermudah jalannya usaha anda. Tak sedikit penguasaha yang memilih terjun ke bidang sablon kaos karena usaha ini memang sangat menjanjian. Dengan modal yang tak seberapa besar anda bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar setiap bulan.

 

Adanya mesin digital ini memang sangat membantu dan menguntungkan. Proses mencetak sablon tak membutuhkan waktu yang lama seperti menggunakan cara manual. Selain itu anda tidak membutuhkan waktu yang lama juga untuk mempelajari cara menggunakan mesin ini karena penggunaannya sangatlah mudah. Tinta yang digunakan pada mesin digital merupakan tinta tekstil khusus dengan banyak sekali pilihan warna. Hasil cetaknya juga sangat berkualitas dan bisa dikatakan mirip dengan desain aslinya. Sablon tersebut juga dijamin akan awet dan tahan lama, tak akan mudah hilang walau kaos tersebut sudah digunakan bertahun – tahun lamanya.


 

Berikut beberapa macam proses

1.     Transfer paper

Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menebak bagaimana proses sablon ini. sablon kaos akan dilakukan dengan mencetak gambar, foto maupun tulisan pada kaos dengan menggunakan kertas khusus atau transfer paper kemudian gambar, tulisan atau foto tersebut akan ditransfer dari kertas ke kaos.

2.     Sublimasi

Mirip dengan proses sablon transfer paeper, sublimasi juga merupakan proses transfer printer. Proses ini sangat cocok jika menggunakan media cetak kain berbahan polyester. Namun jangan pernah sekali sekali anda menggunakan cara sublimasi pada kain berbahan cotton karena hasil sablon yang dihasilkan justru akan sangat mengecewakan.

3.     Metode Cutting

Jika anda ingin menctak sablon dengan bahan timbul, proses ini merupakan yang paling tepat untuk anda gunakan. Anda perlu menggunakan mesin cutting dan kemudian mengepressnya di atas media cetak kaos.

4.     Metode DTG atau Direct to Garment

Metode ini belum banyak digunakan, padahal cara kerjanya sangat mudah dibandingkan dengan proses yang lainnya. Tinta yang digunakan yaitu tinta tekstil khusus untuk dicetak pada media kaos. Media cetak yang bisa anda gunakan untuk metode DTG ini juga beraneka ragam.